Kapolri Pimpin Langsung Geladi Pengamanan KTT G20, Pemeriksaan di Pintu Masuk Gilimanuk Superketat

- Senin, 7 November 2022 | 14:30 WIB
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat memimpin gladi bersih pengamanan KTT G20 yang akan berlangsung di Bali (Muhamad R)
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat memimpin gladi bersih pengamanan KTT G20 yang akan berlangsung di Bali (Muhamad R)

BALI SUARA MERDEKA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit prabowo, memimpin langsung pelaksanaan geladi bersih gelar pasukan Ops Puri Agung 2022 serangkaian pengamanan even internasional KTT G20, di lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Minggu (6/11). Peninjauan ini sekaligus memastikan kesiapan Polri dalam melaksanakan pengamanan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 mendatang.

Kabid Humas Polda Bali Kombespol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan panglima tertinggi polri memantau langsung galdi bersih dan ada kurang lebih 16 fitur yang tersambung dengan Kementerian agar bisa mengikuti terkait perkembangan terkini atau secara realtime.

“Apabila jalur yang dilewati delegasi ada hambatan maka kita siapkan jalur alternatif dan semua itu bisa kita lihat dan terpantau di Command center sebagai pusat komando dan kendali Operasi,” sebutnya.

Baca Juga: Tangkap Penghina Dewi Perssik, Polisi Ungkap Motifnya, Fans Lesti Kejora dan Rizky Billar?

Setelah selesai melaksanakan pengecekan geladi, selanjutanya Kapolri bersama pejabat utama Polri duduk bersama dilapangan bersama seluruh anggota untuk melaksanakan santap siang bersama sekaligus bertatap muka dan bersama anghota yang melaksanakan pengamanan KTT G20 di lapangan renon.

"Selain melakukan peninjauan geladi gelar pasukan, hari ini (kemarin) beliau rencananya akan meninjau beberapa venue yang nantinya akan digunakan oleh para delegasi saat menghadiri KTT G20 salah satunya adalah taman hutan Rakyat Manggrove," tutup Kabid Humas.

Sementara itu  Pelabuhan Gilimanuk sebagai pintu masuk Bali, pengamanan dengan  melibatkan puluhan personil dilakukan sejak, Jumat 4 November 2022. Pengamanan tersebut merupakan bagian dari latihan pra operasi (latpraops) menjelang pengamanan inti pelaksanaan KTT G20.

Baca Juga: Membara Ditengah Malam, Kompleks Pertokoan Cakra Kota Tabanan Bali Hangus Jadi Arang, Jadi Tontonan Warga

Puluhan orang personil tersebut, melakukan pengamanan dengan memeriksa setiap kendaraan orang dan barang bawaan orang yang masuk Bali. Petugas dilengkapi sarana pendukung mirror detector dan metal detector , baik pada kendaraan dan barang bawaan.

Setiap orang yang masuk Bali, diwajibkan turun  dari kendaraan untuk melakukan pendeteksian wajah di jalur menuju validasi syarat perjalanan  masuk Bali. Sehingga, setiap orang yang melakukan validasi harus membuka menutup wajah, masker, dan kaca mata untuk pendeteksian.

Pemeriksaan secara ketat di Pelabuhan Gilimanuk tersebut, merupakan simulasi sebelum dilakukan operasi yang dimulai Selasa 8 – 17 Novermber 2022.. "Hari ini kita masih dalam rangka latpraops, untuk mengenali situasi dan kondisi lapangan," jelasnya. ujar Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana.

Halaman:

Editor: Muhammad R.

Sumber: Bali Suara Merdeka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X