Fakta Studi Lapangan J2PS, Tak Dilirik Pemulung, Sampah Plastik Multilayer Justru Ditampung Bali Waste Cycle

- Sabtu, 19 November 2022 | 16:30 WIB
Ketua J2PS Agustinus Apollo K Daton (paling kiri) berbincang dengan IB Ari Wijaya salah seorang pengelola BWC  (Humas J2PS)
Ketua J2PS Agustinus Apollo K Daton (paling kiri) berbincang dengan IB Ari Wijaya salah seorang pengelola BWC (Humas J2PS)

BALI SUARA MERDEKA – Setelah dilantik 29 Oktober 2022 lalu, Jaringan Jurnalis Peduli Sampah (J2PS) pimpinan Agustinus Apollo Naris K. Daton, terus menjelajah.

Kali ini melakukan studi lapangan atau cek fakta pengelolaan dan pengolahan sampah oleh sejumlah pelaku daur ulang. Salah satu sampah tak ramah lingkungan yang juga tak dilirik pemulung adalah sampah plastik multilayer. Sampah jenis ini benar-benar terbuang, padahal berbahaya lantaran tak mampu di urai mikro organismi.

Sejauh ini para pelaku daur ulang lebih banyak menerima sampah plastik berupa botol atau kemasan bekas, kertas, kardus dan logam. Namun plastik multilayer tak diambil.

Baca Juga: Profil, Biodata, Fakta Mencengangkan Irwan Aher Mantan Suami Elly Sugigi yang Dikabarkan Penyuka Sesama Jenis

Namun ketika pengurus Jaringan Jurnalis Peduli Sampah (J2PS) melakukan kunjungan studi lapangan di Bali Waste Cycle (BWC) di kawasan Jalan Cargo Permai No. 67 Ubung, Denpasar Utara, fakta berbalik. Di tempat pengolahan sampah ini ternyata menerima dan membeli sampah multilayer yang terbuang itu. Sampaj multilayer menumpuk, bahkan banyak yang sudah di press rapi.

Ida Bagus Ari Wijaya selaku Tim Edukator BWC didampingi Bisma Mahendra selaku Supervisor Operasional BWC, menyambut rombongan J2PS yakni Agustinus Apollo Daton (Ketua), Muhammad Ridwan (Sekretaris) dan I Gusti Ngurah Dibia (Ketua Divisi Sosialisasi dan Edukasi), Ignatius Kleden (Divisi advokasi dan Litigasi) serta Umar Ibnu Alkhattab (penasihat).

Setelah beberapa saat mengamati langsung, pengelolaan sampah unorganik di BWC terkelola dengan baik. Rapi dan taka da bau.

Baca Juga: H-1 Nikah, Glenca Chysara dan Rendi Jhon Gelar Pengajian dan Siraman, Tangis Pemeran Elsa Ikatan Cinta Pecah

Menurut Ari Wijaya, BWC hadir karena melihat TPA overload akibat pengelolaan kurang maksimal alias hanya jadi tempat penampungan saja.

Halaman:

Editor: Muhammad R.

Sumber: Bali Suara Merdeka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X